Langsung ke konten utama

BENGKEL SKOK CAK IMAM

Bengkel ini hanya berupa gubug kecil. Bertempat di bekas lokasi jembatan timbang di Kletek. Bersebelahan dengan tukang tambal ban dan tukang las karbit.

Saya mengenal pertama kali saat masih miara Daihatsu Zebra tahun 2000an. Saat itu per Depan si Zeby patah. Waktu saya bawa ke bengkel Cak Imam, ditawarkan untuk ganti per atau dilas saja. Karena untuk ganti per harus nunggu dibelikan di loakan, maka saya ambil opsi dilas saja. Ternyata awet, setahun lebih sampai si Zeby dijual masih oke.

Kemudian saya servis skok motor yang rembes. Ternyata metode cak Imam, beda dengan tukang skok yang saya kenal sebelumnya. Kalau tukang skok yang saya tahu, biasanya mengisi oli dengan cara mengebor tabung skok, lalu dilas lagi. Istilahnya disuntik.

Sedangkan cak Imam tidak menggunakan cara ini. Dia memilih untuk membongkar sealnya. Seal dilepas, lalu oli dituang. Lantas pasang seal baru. Cara ini lebih awet. Karena pada dasarnya, skok yang rembes dikarenakan sealnya sudah rusak. Sehingga kalau hanya disuntik saja, akan rembes lagi.

Dan terbukti skok Suszuki RC 80 saya setahun lebih sampai motor dijual tidak bocor lagi.  Sejak saat itu saya langganan dengan cak Imam untuk urusan skok.

Untuk jasa rekondisi skok seperti itu, saat ini cak Imam hanya mematok ongkos 20ribu untuk skok motor dan 75 ribu untuk mobil. Sudah termasuk ganti seal dan pasang stopper.

Alamat bengkel cak Imam :

Bekas Jembatan TImbanga Kletek, sebelah Timur SPBU Kletek
Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Minggu