Langsung ke konten utama

NANO CERAMICS 3

Sudah hampir 1 bulan si Crypton memakai Nano Energizer Ceramics Coating. Jarak tempuh sudah mencapai 1.000 km. Berdasarkan pengamatan kondisi sebelum dan sesudah pemakaian Nano, dapat direview sebagai berikut :
  1. Suara mesin berupa ketukan (prediksi suara stang seher yang oblak) masih terdengar cukup keras, tapi lebih pelan dibandingkan sebelum pemakaian.  Suara muncul saat starter pertama kali pada kondisi mesin dingin atau setelah parkir beberapa lama.  Suara lambat laun menghilang. Suara lebih cepat menghilang dibandingkan sebelum penambahan Nano.
  2. Suara kretek-kretek/klitik-klitik yang sebelumnya cukup keras, sekarang menghilang. Bisa dikatakan seratus persen menghilang. Namun belum bisa dipastikan menghilangnya suara ini karena efek Nano atau karena hal lainnya.
  3. Tarikan tidak bisa dibedakan dari sebelum pemakaian. Karena pada dasarnya Crypton ini tidak memiliki masalah pada tarikan.
  4. Konsumsi bahan bakar juga tidak bisa dibedakan.
  5. Perpindahan gigi lebih smooth. Sebelumnya, untuk mengurangi gigi persneleng sangat keras. Bahkan pada kondisi motor berhenti, tidak bisa dinetralkan Sekarang lebih smooth, dan seringkali gigi bisa dinetralkan pada saat motor berhenti.
Kesimpulannya :
  1. Ada efek positif dari pemakaian Nano.
  2. Masih ingin mengamati efek lainnya sebelum mengaplikasikan ke mobil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

KARET BUSHING DARI BAN BEKAS

Salah satu manfaat Kopi Darat (Kopdar) adalah mendapatkan informasi. Terutama informasi mengenai pemeliharaan tunggangan kita si FL. Karena di kopdar itu kita bertemu dengan banyak orang yang mempunyai tunggangan sejenis. Tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Salah satu informasi baru yang penulis dapatkan di acara kopdar adalah informasi mengenai karet kaki-kaki. Penulis mempunyai keluhan, dimana karet stabilizer yang dipasang oleh penulis seringkali gampang pecah. Mungkin karena di baut terlalu keras. Atau karena materialnya yang memang jelek. Waktu kopdar ke-3 di Bojonegoro kemarin, penulis bertemu dengan penunggang FL baru. Namanya Om Suwito Hadi. Orang Surabaya. Menunggang FL Sonic warna pink. Yang sebenarnya belum selesai dibangun. Sedang dalam proses pengecatan. Bahkan untuk bela-belain datang di kopdar, si pinky belum dipasang bumper. Catnya masih kasar karena belum dipoles. Om Suwito memberi informasi mengenai kios yang menjual aneka karet bush