Langsung ke konten utama

BATUK-BATUK

Setelah digunakan untuk melakukan beberapa kali perjalanan luar kota ke Trenggalek, Magetan dan Kediri, FL mulai menunjukkan gejala kurang sehat. Setiap kali diinjak gas, mesin serasa mau mati, baru kemudian ngacir. Kadang-kadang dari knalpot keluar asap hitam. Akibatnya jadi tidak nyaman. Seperti njendul-njendul.
Sudah dicoba dilakukan pembersihan karburator. Dikasih carbu cleaner. Ternyata saat dicoba tarik gas besar, mesin batuk-batuk. Terdengar letusan-letusan kecil. Keluar asap hitam dari knalpot.
Dicoba ke bengkel bukan langganan di dekat rumah. Diagnosanya membuat hati kebat-kebit. Katanya, kompresi piston sudah tidak kuat untuk membuat pembakaran, sehingga timbul letusan-letusan. Sarannya, dilakukan turun mesin untuk melihat kondisi dalam ruang pembakaran.
Kurang puas dengan diagnosa montir pertama, langsung meluncur ke bengkel langganan di KRian. Bengkel langganan juga melakukan langkah pengecekan sama. Filter udara dilepas, kemudian gas ditarik besar-besar. Hasilnya mesin batuk-batuk lagi. Sang montir langsung memberi saran untuk ke spesialis carburator. Kemungkinan ada komponen karburator yang harus diganti. Menurut pak Sunar (sang montir langganan), aliran BBM di karburator tidak lancar. Kadang telat, kadang banjir, sehingga pembakaran tidak lancar.
Pak Sunar memberi saran untuk pergi ke spesialis carburator Bapak H. Munif di Jl. Mangunan I Sepanjang. Sayangnya, bengkel spesialis carburator ini tiap hari Minggu libur, sehingga sampai saat ini belum ada kesempatan untuk kesana.
Alhasil, FL sampai sekarang masih endut-endutan.
...............

Komentar

  1. Saya mau tanyak alamat bengkel pak sunar yang di krian alamat tepatnya di mana pak ??? saya dari surabaya kebetulan saya pake FL tahun 97, dan penyakit mobilnya sama.......
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Kalo batuk-batuk, kayaknya karburatornya yang harus di servis. Servis di H. Munif Jl. Mangunan Sepanjang. Bawa carburatornya saja. Saya dulu servis kena biaya 210 ribu dan bawa karburator kit 70ribu.

    BalasHapus
  3. Mas, ada no telpon pak munif sepanjang ya ? mau servis karburator nih..makasih

    BalasHapus
  4. Aq juga mau tanyak alamate klu ada nomer telfonnya pak Haji Munif

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Minggu