Langsung ke konten utama

FUEL TREATMENT

Beberapa hari yang lalu, saya diberi bos sample fuel treatment. Merknya DIPETANE.  Barang ini dibawa oleh teman bos yang datang langsung dari Korea.

Kemasannya 1 liter.  Beberapa labelnya ada yang berbahasa Inggris dan Jerman. Tapi mayoritas berhuruf kanji. Nggak tahu itu bahasa Jepang atau Korea atau China.
Menurut bos, benda ini dapat meningkatkan oktan premium hingga setara pertamax plus.
Di botol plastiknya disebutkan dalam bahasa Inggris :
  1. Pass not smoke emission test. Mungkin maksudnya sudah lolos uji emisi tidak menghasilkan asap.
  2. Reduce your fuel bills. Maksudnya mungkin benda ini membuat pemakaian BBM jadi hemat.
  3. Pemakaiannya 1:200 untuk semua bahan bakar.


Setelah mencoba, menurut saya tidak ada perubahan yang signigikan. Tarikan terasa lemot (berat) dan BBM tidak lebih irit.
Biasanya, kalo ke Magetan, saya isi full di SPBU dekat rumah. Kemudian dipakai ke Magetan. Dengan asumsi, di sana mobil tidak dipakai, dan hanya untuk perjalanan pulang pergi saja. Maka jarum penunjuk BBM akan mencapai strip merah sekitar posisi setelah Mojokerto. Biasanya saya mengisi BBM lagi di daerah Balungbendo. Habisnya antara 215-230ribu. Sekitar 33 liter s/d 35 liter. Jarak tempuh sekitar 340 km. Dengan kondisi variasi macet dan lancar, maka rata-rata konsumsi 10km/liter.

Perjalanan pakai fuel treatment ini, saya mengisi full di SPBU Bypass Mojokerto. Kondisi macet selama perjalanan berangkat dan pulangnya. Pulangnya sampai di Mojokerto sudah  isi lagi. Habis 220ribu. Jadi Jarak Mojokerto-Magetan-Mojokerto habis 220ribu. Sayangnya saya lupa mematikan odometer, jadi tidak tahu jumlah km-nya.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Lam Kenal Bang Pri, ane dr tulungagung pengguna baru FL, mau tanya Bang, untuk bengkel and onderdil yang bagus n harga miring area tulungagung dan sekitarnya mana bang ya? terima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih telah berkunjung.
    Saat ini saya domisili di Sidoarjo. Jadi tidak bisa memberikan informasi mengenai bengkel di Tulung agung.
    Saya sarankan untuk gabung di grup FB Ford Laser Community Chapter Jawa TImur (https://www.facebook.com/groups/604596892914761/).
    Disana banyak anggota yang dari Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Blitar. Kita dapat berdiskusi mengenai bengkel dan tolong menolong dalam memberli spare parts. Juga ada kopdar, sehingga dapat menjalin silaturahmi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Minggu