Langsung ke konten utama

FUEL TREATMENT

Beberapa hari yang lalu, saya diberi bos sample fuel treatment. Merknya DIPETANE.  Barang ini dibawa oleh teman bos yang datang langsung dari Korea.

Kemasannya 1 liter.  Beberapa labelnya ada yang berbahasa Inggris dan Jerman. Tapi mayoritas berhuruf kanji. Nggak tahu itu bahasa Jepang atau Korea atau China.
Menurut bos, benda ini dapat meningkatkan oktan premium hingga setara pertamax plus.
Di botol plastiknya disebutkan dalam bahasa Inggris :
  1. Pass not smoke emission test. Mungkin maksudnya sudah lolos uji emisi tidak menghasilkan asap.
  2. Reduce your fuel bills. Maksudnya mungkin benda ini membuat pemakaian BBM jadi hemat.
  3. Pemakaiannya 1:200 untuk semua bahan bakar.


Setelah mencoba, menurut saya tidak ada perubahan yang signigikan. Tarikan terasa lemot (berat) dan BBM tidak lebih irit.
Biasanya, kalo ke Magetan, saya isi full di SPBU dekat rumah. Kemudian dipakai ke Magetan. Dengan asumsi, di sana mobil tidak dipakai, dan hanya untuk perjalanan pulang pergi saja. Maka jarum penunjuk BBM akan mencapai strip merah sekitar posisi setelah Mojokerto. Biasanya saya mengisi BBM lagi di daerah Balungbendo. Habisnya antara 215-230ribu. Sekitar 33 liter s/d 35 liter. Jarak tempuh sekitar 340 km. Dengan kondisi variasi macet dan lancar, maka rata-rata konsumsi 10km/liter.

Perjalanan pakai fuel treatment ini, saya mengisi full di SPBU Bypass Mojokerto. Kondisi macet selama perjalanan berangkat dan pulangnya. Pulangnya sampai di Mojokerto sudah  isi lagi. Habis 220ribu. Jadi Jarak Mojokerto-Magetan-Mojokerto habis 220ribu. Sayangnya saya lupa mematikan odometer, jadi tidak tahu jumlah km-nya.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Lam Kenal Bang Pri, ane dr tulungagung pengguna baru FL, mau tanya Bang, untuk bengkel and onderdil yang bagus n harga miring area tulungagung dan sekitarnya mana bang ya? terima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih telah berkunjung.
    Saat ini saya domisili di Sidoarjo. Jadi tidak bisa memberikan informasi mengenai bengkel di Tulung agung.
    Saya sarankan untuk gabung di grup FB Ford Laser Community Chapter Jawa TImur (https://www.facebook.com/groups/604596892914761/).
    Disana banyak anggota yang dari Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Blitar. Kita dapat berdiskusi mengenai bengkel dan tolong menolong dalam memberli spare parts. Juga ada kopdar, sehingga dapat menjalin silaturahmi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

KARET BUSHING DARI BAN BEKAS

Salah satu manfaat Kopi Darat (Kopdar) adalah mendapatkan informasi. Terutama informasi mengenai pemeliharaan tunggangan kita si FL. Karena di kopdar itu kita bertemu dengan banyak orang yang mempunyai tunggangan sejenis. Tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Salah satu informasi baru yang penulis dapatkan di acara kopdar adalah informasi mengenai karet kaki-kaki. Penulis mempunyai keluhan, dimana karet stabilizer yang dipasang oleh penulis seringkali gampang pecah. Mungkin karena di baut terlalu keras. Atau karena materialnya yang memang jelek. Waktu kopdar ke-3 di Bojonegoro kemarin, penulis bertemu dengan penunggang FL baru. Namanya Om Suwito Hadi. Orang Surabaya. Menunggang FL Sonic warna pink. Yang sebenarnya belum selesai dibangun. Sedang dalam proses pengecatan. Bahkan untuk bela-belain datang di kopdar, si pinky belum dipasang bumper. Catnya masih kasar karena belum dipoles. Om Suwito memberi informasi mengenai kios yang menjual aneka karet bush