Langsung ke konten utama

STNK SALAH KETIK

     Ternyata proses pencetakan STNK seringkali memuat kesalahan. Dari 3 motor yang sekarang saya miliki, 2 diantaranya memuat kesalahan. Sedangkan motor lain yang pernah saya pegang, tidak pernah saya cek.
     Yang pertama adalah Honda Kirana. Motor atas nama kakak. Terbitan Samsat Blitar. Tahu adanya kesalahan sewaktu ditolak di parkiran Royal Plaza. saya dituduh membawa STNK kendaraan lain. Gara-gara di kolom type tertera NF 125. Kata petugas parkir, motor Kirana kodenya ND 125. Sempat debat dengan petugas parkir. Karena saya tidak pernah mengalami di tempat parkir lain. Saya menganggap bahwa petugas parkir yang mengada-ada. Akhirnya bisa lolos setelah dicocokkan nomor mesinnya. Tidak mencocokkan nomor rangka, karena harus bongkar dek sayap.
     Baru menyadari kalo memang ada salah, ketika googling di internet. Ternyata kode mesin Kirana adalah ND125. Karena kurang yakin, maka cek BPKB. Ternyata benar ND125. Wah, berarti memang STNK yang salah. Karena waktu urus ganti STNK kemarin tidak bisa jalan sendiri, maka kesalahan itu tidak dikoreksi.
     Kejadian kedua saat bayar pajak 5 tahunan Honda Beat. Motor atas nama adik ipar. Terbitan Samsat Magetan. Tahu salah waktu mengisi formulir cek fisik. Hasil gesekan tidak sesuai dengan nomor di STNK. Kurang angka 1. Berhubung waktu itu baru perpindahan tangan, maka masalah itu saya sampaikan ke petugas Samsat, untuk sekalian dicek apakah ada hal mencurigakan atas motor tersebut. Walau saya tahu bahwa motor itu beli baru dari dealer.
     Ternyata sama petugas Samsat diakui ada kesalahan cetak. Dan sekalian dibetulkan saat itu juga.

     
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Minggu