Langsung ke konten utama

BALIK NAMA SI GHIA



Lama tidak ngeblog, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengurus balik nama mobil. Yaitu waktu balik nama motuba (mobil tua bangka) Ford Laser Ghia 89.  Kebetulan saat ini (mulai 17 Juni – 17 September2013) Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur memberlakukan pemutihan. Pembebasan biaya denda dan balik nama.
Setahun yang lalu, mobil ini sudah saya coba untuk di mutasi dari Gresik ke Sidoarjo. Saat itu juga ada pemutihan. Namun saat  cabut berkas, ternyata berkas tidak ketemu. Berhubung saat itu masa pemutihan sudah hampir habis, dan PKB belum diblokir, maka akhirnya saya bayar PKB saja dengan nembak KTP.  Solusi lain, adalah balik nama dengan menggunakan nama lokal Gresik.
Sekarang, solusi balik nama dengan KTP Gresik saya ambil. Pertimbangannya untuk memudahkan pembayaran PKB tahunan. Kebetulan ada teman yang domisili Gresik.
Saya datang di Samsat Gresik jam 09.00. Membawa formulir dan hasil gesekan yang batal diproses saat mau mutasi tahun yang lalu. Langsung menuju fotokopi. Kasihkan KTP teman, kuitansi jual beli, BPKB dan STNK ke petugas fotokopi, bilang mau balik nama.  Oh ya, untuk kendaraan roda 4, harus menyertakan KSK (Kartu Susunan Keluarga).  Bayar Rp. 4.000,- sama map. Kemudian menuju ke loket pengesahan.
Masukkan berkas ke loket pengesahan. Sepuluh menit kemudian dipanggil. Terima berkas. Ternyata formulir yang ditempeli dengan hasil gesek distempel dan ditandatangani. Itu yang dinamakan pengesahan.
Dari loket pengesahan saya menuju ke 2 orang cewek yang berada di luar loket untuk minta dipandu. Sama si cewek berkas saya diperiksa, disteples di map dengan posisi masin-masing. Ketahuan kalo saya belum punya formulir balik nama. Disuruh ke loket formulir. Masukkan berkas. Tunggu 3 menit dipanggil. Dikasih formulir balik nama. Bayar Rp. 225.000,- (tanpa kuitansi). Informasi yang saya dapat, Rp. 225.000,- adalah biaya ganti BPKB 100 ribu dan biaya pengesahan untuk motuba (di bawah tahun 1992). Gak tau bener atau tidak.
Dapat formulir, langsung menuju ke meja cewek tadi. Dipandu cara mengisi formulir. Dari beberapa kolom, hanya kolom identitas kendaraan dan identitas pemilik baru yang diisi.
Selesai mengisi formulir, sama petugas cewek tadi disuruh ke loket 17. Langsung menuju ke loket 17. Masukkan berkas. Tunggu sambil mengamati.  Ada kejadian yang menjadi perhatian saya. Oang yang dipanggil selalu ditanya oleh petugas “ATAS NAMA SENDIRI?” Kalo dijawab bukan, maka orang tersebut harus kembali karena berkas kurang. Yaitu surat kuasa. Karena mereka bukan pemilik KTP. Surat kuasa bisa dibeli di fotokopi lengkap dengan materai. Surat kuasa diisi kemudian dimintakan pengesahan di loket pengesahan.
Melihat kondisi ini, timbul pikiran nakal. Mengaku bahwa itu milik sendiri. Setengah jam kemudian tibalah saat nama teman saya yang KTPnya saya pinjam dipanggil. Saat ditanya “MILIK SENDIRI?”. Saya jawab dengan mantab “YA”. Padahal dada berdebar juga, takut ketahuan. Ternyata berkas langsung dikasihkan tanpa diperiksa lagi. Disuruh ke loket 1.
Masukkan berkas ke loket 1. Tunggu lagi. Sekitar 15 menit kemudian dipanggil. Lha dalah...disuruh tandatangan. Wah....agak grogi juga. Sambil melirik KTP teman yang ada tandatangannya, saya membubuhkan tanda tangan. Agak mirip, tapi tidak sama persis. Untungnya sama petugas tidak diperiksa. Kembali tunggu lagi.
Setelah 20 menit dipanggil lagi. Berkas masuk, diterima petugas. Langsung dikasih sobekan kertas bertuliskan nomor polisi baru, dimasukkan ke loket sebelahnya.  Di loket ini tanda bayar PKB.  Bayar Rp. 675.500,-.  Terima bukti pembayaran PKB.  Diarahkan ke loket pengambilan BPKB.
Di loket ini saya disuruh menuliskan nomor telepon (HP) di bukti pembayaran PKB. Kemudian Bukti Pembayaran PKB  distempel. Kemudian di beri penjelasan sebagai berikut :
-          Bukti pembayaran PKB yang distempel itu sebagai pengganti STNK asli.
-          STNK Asli belum jadi karena material dari Korlantas terlambat.
-          Bila BPKB dan STNK telah selesai, akan diberi informasi melalui SMS.
Dari loket ini diarahkan menuju ke loket pengambilan plat nomor (TNKB). Masukkan STNK sementara tadi ke loket. 10 menit kemudian plat nomor sudah jadi. STNK sementara distempel bahwa plat nomor sudah diambil.
Kemudian menuju fotokopi. STNK sementara dan KTP difotokopi berjajar sebanyak 3 kali. Kemudian menuju ke loket 1 lagi. Disitu 3 fotokopian tadi kita serahkan. 2 lembar diambil. Satu lembar distempel dengan stempel bukti pengambilan BPKB. Kemudian dikembalikan ke saya untuk mengambil BPKB nanti. Sampai disini selesai sudah proses balik nama. Tinggal menunggu pemberitahuan BPKB dan STNK bisa diambil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Minggu