Langsung ke konten utama

PINDAH GIGI PERSNELENG GROOOKKK....GANTI SYNCROMESHNYA.

Salah satu keluhan yang sering saya dengar dari para Flocker adalah masalah di gigi transmisi. Disini saya mendapat beberapa kosa kata. Beberapa bilang persneleng suka nglepeh.

Nglepeh = gigi masuk, di gas jalan kalo gas dilepas gigi pindah sendiri ke netral.

Keluhan yang lain adalah gigi susah masuk dan kalau masuk menimbulkan suara grroookkk......
Keluhan ini juga saya alami. Saat mobil berhenti, masuk ke gigi 1 lancar. Tapi kalau posisi mobil sedang jalan, susah. Misalnya saat kita jalan, kemudian memperlambat laju mobil. Kemudian saat mobil masih berjalan pelan, gigi kita pindah dari posisi 2 ke 1, akan susah. Kalaupun dipaksa maka akan timbul suara grookkk..... Untuk memindahkan gigi dari 2 ke satu, kondisi mobil harus berhenti.

Kondisi ini akan menyulitkan kita, terutama saat kondisi jalan macet-macetan. Dan terutama saat kondisi jalan menanjak. Memaksakan kondisi demikian dapat merusak gigi persneleng.

Gejala seperti ini disebabkan oleh syncromesh (sinkromes/kromes) yang sudah aus.  Sinkromes sudah tipis, atau giginya sudah rompal. Part ini sebenarnya tidak mahal. Namun yang bikin orang menunda-nunda untuk menggantinya adalah karena biaya bongkar pasangnya. Dan bila ditangani oleh orang yang bukan ahlinya, justru akan menimbulkan masalah baru. Seperti gejala "nglepeh" tadi.

Apakah sinkromes itu ?


       Unit Sinkromes
Unit sinkromes merupakan suatu alat yang dapat mempersamakan putaran-putaran gigi-gigi transmisi pada sikap-sikap tertentu secara otomatis. Dengan kata lain, sinkromes berfungsi menghubungkan atau memutuskan tenaga putar dari roda gigi tingkat ke poros pada kondisi putaran tidak sama.
Transmisi yang dilengkapi dengan alat sinkromes, perpindahan gigi-giginya dari sikap tinggi ke sikap lebih rendah dapat dilakukan secara langsung, tidak menginjak kopling dua kali (double clutch)

  1.  Kontruksi Sinkromes


Gambar 
Bagian-bagian unit sinkromes


Roda gigi sinkromes bertugas meneruskan tenaga/putaran dari kopling geser ke poros output. Kopling geser sinkromes menghubungkan roda gigi sinkromes dengan roda gigi tingkat. Pengunci sinkromes mencegah pergantian gigi sebelum putaran sama. Pegas pengunci memegang pengunci-pengunci dengan roda gigi sinkromes. Cincin sinkromes menyesuaikan putaran unit sinkromes dengan roda gigi tingkat.
Sumber : buku ajar SMK.

Jadi singkatnya : Fungsi synchromesh adalah untuk memperhalus perpindahan gigi pada transmisi . Cara kerjanya adalah saat pengemudi menggeser tuas transmisi dan memindahkan percepatan mobil nya. Maka tuas transmisi itu akan menggerakkan shift fork pada transmisi, yang akan diteruskan untuk menggerakan clutch hub untuk bergerak ke posisi gigi yang dituju. Misalkan perpindahan  ke gigi 1, maka clutch hub akan bergerak menuju gigi 1. Pada saat mesin dihidupkan, maka poros dalam transmisi  dan gigi – gigi dalam transmisi sedang berputar. Dan ketika perpindahan gigi, maka pedal kopling akan diinjak, sehingga putaran dari mesin ke transmisi diputus . Hal ini akan membuat terjadi perbedaan putaran pada komponen – komponen dalam transmisi. Untuk itulah maka synchromesh digunakan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi, yang berguna untuk menyamakan putaran antara clutch hub dan gigi yang dituju.  Sehingga perpindahan gigi atau perpindahan percepatan dapat menjadi halus dan tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. 

Part ini terbuat dari logam kuningan. Beberapa malah terbuat dari semacam plastik. Oleh karena itu umur pakainya lebih pendek dibandingkan dengan komponen lain dalam transmisi. 

Sinkromes lama dan baru.


Sampai kemudian ada mekanik yang baru saya ketahui, yaitu cak Pri (Aditya Permana Putra). Dan saat kemarin ada rembesan oli di garasi. Dari arahnya saya menduga dari transmisi. Maka saya bawa ke Cak Pri.

Sebagai mekanik berjuluk Limbadnya FL, dokternya FL, cak Pri langsung bertindak. Transmisi diturunkan seorang diri. Kemudian di overhoul. Sinkromes gigi 1 dan 2 diganti baru. Seal yang diduga akan rembes diganti juga. Laher yang mulai goyang, diganjal untuk memperpanjang umur. 

Dan hasilnya. Mak Nyuss. Perpindahan gigi dari 2 ke 1 bisa dilakukan saat mobil masih jalan dengan mulus. Gigi 5 juga bisa masuk dengan mulus. Kemudian suara "duk" seperti jeda saat tarikan awal hilang. Terasa mulus dan halus semua. 

Makanya, kalau ada suara "grok" saat perpindahan gigi. Ganti sikromes-nya.




Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. thanks om artikle nya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Kalau mobil saya toyota dyna dump truck, kalau di masukin gigi enteng lembek ajha tpy kalau masuk gigi 4 bunyi di bawah kabin, saya sdh ganti matahari sama kampas mase ajha tetap bunyi bgtu, oil transmision juga baru ganti, kira2 penyebabnya itu apa yh mass mslhx dimn...dan cara perbaikannya
    Tolong di jawab yh berbagi ilmu

    BalasHapus
  4. Kalau mobil saya toyota dyna dump truck, kalau di masukin gigi enteng lembek ajha tpy kalau masuk gigi 4 bunyi di bawah kabin, saya sdh ganti matahari sama kampas mase ajha tetap bunyi bgtu, oil transmision juga baru ganti, kira2 penyebabnya itu apa yh mass mslhx dimn...dan cara perbaikannya
    Tolong di jawab yh berbagi ilmu

    BalasHapus
  5. Harga sinkromes fl berapa an ya gan? Mtur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga sinkromis per gigi murah om, sekitar 886rb an. yg mahal ongkos bongkarnya bisa kena 900rb an

      Hapus
    2. ralat... sekitar 86rb an

      Hapus
    3. Dimana bisa order ya ada No Hp untuk order

      Hapus
  6. Bengkelnya Cak Pri d mn itu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang cak Pri (Aditya) bermarkas di markas FJC. Di desa Sawocangkring, Krian. Anda bisa browsing di google maps karena lokasinya sudah ditandai.

      Hapus
  7. Om, beli szycromise dimana? trus harga nya berapa. saya posisi di semarang

    BalasHapus
  8. Mobil saya ferosa sudah di ganti sinkronis masih juga bunyi krek dari 4 ke 3 mohon saranx

    BalasHapus
  9. Mobil saya ferosa sudah di ganti sinkronis masih juga bunyi krek dari 4 ke 3 mohon saranx

    BalasHapus
  10. Harga sincromes cevrolet lova brp om. Untuk gigi 1

    BalasHapus
  11. Harga sincromes cevrolet lova brp om. Untuk gigi 1

    BalasHapus
  12. Sama ma yg d atas sincromia chevrolet lova om, tp gigi 1 dan 2

    BalasHapus
  13. dimana beli syncrhomesh untuk starlet 1.3

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Susah nyari syncrhomesh untuk chevrolet spark 800cc

    BalasHapus
  16. Dimana kita pesan dinkromesnya om... Punya saya opel blazer thn 1999 kalau gigi4 dan gigi5 sering netral sendiri...

    BalasHapus
  17. mohon info kl da yg jual n tau sincromesh feroza..nyarinya setengah mati

    BalasHapus
  18. Harga sinkromis untuk daihatsu taruna berapa ya..?

    BalasHapus
  19. mohon info secepatnya
    MENCARI cepat syncromes kia caren2 beserta rumahnya,,
    posisi saya di malang jatim
    hub,WA,081233301790
    terima kasih

    BalasHapus
  20. Saya mau minta Saran mobil saya tiba gak mau maju dan mundur padahal sudah masuk persinelang tapi tetap gak mau jalan. Apa ya masalahnya dan terasa didalm bunyi krek-krek... Bagi dong pengalamannya

    BalasHapus
  21. Ijin minta petunjuk, mobil sy xtrail BU 2002 saat awal distater dan di masukkan Gigi 2 atau D posisi mobil stagnan sampai 1 s/d 2 menit baru jaln. Mohon petunjuk dan sara nya.

    BalasHapus
  22. Cari Sincomesh Suzuki aminity untuk gigi satu dan dua dimana ommm....trus harga berapa ...

    BalasHapus
  23. mobil saya grand livina ada suara grok saat dimasukkan gigi 1 ketika mobil masih jalan, minta sarannya apa saya harus ganti unit sinkromes set? apa cukup ganti bagian tertentu aja ya, trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  24. Apa yang diganti bila gigi 4 masuk pas digas akan kembali netral

    BalasHapus
  25. Monggo yg chevrolet lova masuk group klic jatim.
    Nanti di sana bisa tanya2 tentang lova dan saling berbagi pengalaman..

    BalasHapus
  26. Saya dr lmpung bos sy cri silkromish.mbil elef nkr 71.thn 2011 akhir dimn ya bos

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

KARET BUSHING DARI BAN BEKAS

Salah satu manfaat Kopi Darat (Kopdar) adalah mendapatkan informasi. Terutama informasi mengenai pemeliharaan tunggangan kita si FL. Karena di kopdar itu kita bertemu dengan banyak orang yang mempunyai tunggangan sejenis. Tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Salah satu informasi baru yang penulis dapatkan di acara kopdar adalah informasi mengenai karet kaki-kaki. Penulis mempunyai keluhan, dimana karet stabilizer yang dipasang oleh penulis seringkali gampang pecah. Mungkin karena di baut terlalu keras. Atau karena materialnya yang memang jelek. Waktu kopdar ke-3 di Bojonegoro kemarin, penulis bertemu dengan penunggang FL baru. Namanya Om Suwito Hadi. Orang Surabaya. Menunggang FL Sonic warna pink. Yang sebenarnya belum selesai dibangun. Sedang dalam proses pengecatan. Bahkan untuk bela-belain datang di kopdar, si pinky belum dipasang bumper. Catnya masih kasar karena belum dipoles. Om Suwito memberi informasi mengenai kios yang menjual aneka karet bush