Langsung ke konten utama

Buka Pintu Mobil dalam Keadaan Darurat (Kunci Ketinggalan di Dalam)


Peringatan:
Tips yang saya tuliskan disini hanya untuk keadaan darurat. Jangan menyalahgunakannya. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap segala tindakan kriminal dan akibat hukumnya dari penyalahgunaan tips ini oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pengantar
Saya menuliskan kejadian ini berdasarkan pengalaman yang baru saja alami sebagai pengigat apabila masalah yang sama terjadi lagi sekaligus sharing bagi teman-teman yang pernah mengalami keadaan darurat yang sama.
Tadi sore kunci mobil saya ketinggalan di mobil. Ini bermula karena saya berniat memompa ban menggunakan pompa portabel dari tenaga cigarette lighter. Mobil saya nyalakan agar arus listrik lebih besar sehingga pompa portable lebih kencang menghembuskan angin ke ban mobil. Pada saat keluar mobil menunggu pompa bekerja ternyata lupa bahwa pintu dalam keadaan tertutup. Security otomatis alarm Cl**rd akan mengunci pintu setelah 30 detik pintu tertutup (punya alarm canggih merepotkan juga ya). Semua pintu terkunci dan mesin mobil masih dalam keadaan hidup. Alamak!
Ditengah kebingungan teringat teman kantor (Fenny) pernah mengalami kejadian yang sama dan akhirnya memanggil Ast****00. Ternyata metode yang digunakan sederhana sekali. Akhirnya saya putuskan memanggil teman kantor (thanks Ipoel + Pak Alfan) untuk menerapkan metode tersebut ke mobil saya. Walau agak lama, sekitar 1 jam (maklum amatiran) akhirnya pintu mobil berhasil dibuka juga. Alhamdulillah….

Metode Buka Pintu Darurat
Alat yang Anda butuhkan:
  1. Kartu plastik (kartu kredit, kartu ATM, club member, dsb). Semakin kaku dan semakin tipis kartu semakin baik.
  2. Tali rafia atau tali lain yang tipis, licin, dan kuat (tidak mudah putus) sepanjang kira-kira 3 meter
Kartu Plastik
Tali Rafia

Cara Pengerjaan:
  1. Buat beberapa simpul kecil pada tali rafia. Pastikan simpul ini cukup tipis tidak melebihi tebal tali raffia yang sesungguhnya.
  2. Letakkan kartu plastik di atas karet pintu pengemudi (pojok atas belakang pintu) sehingga terbentuk celah kecil dan masukkan tali rafia di dalam celah tersebut.
  3. Geser kartu plastik dan talia rafia tersebut mengikuti karet pintu sehingga semua celah berhasil diisi dengan talu rafia.
  4. Tarik ujung-ujung tali rafia ke bawah sehingga tali rafia masuk di sisi dalam kaca mobil.
  5. Geser-geser tali rafia sehingga salah satu simpul yang dibuat berhasil terkait pada tuas pintu dengan kencang.
  6. Tarik ke atas tali rafia yang telah terkait dg tuas pintu tersebut sehingga kunci pintu terbuka.


Tali rafia dan simpul-simpul yang dibuat.

Kartu plastik di pojok pintu untuk memasukkan tali rafia.



Tali rafia mengisi seluruh celah karet pintu.


Ujung-ujung tali rafia ditarik sehingga masuk ke sisi dalam kaca mobil.


Simpul tali rafia berhasil mengait tuas pintu.


Tarik ke atas tali rafia untuk membuka tuas pintu.
Selamat Anda telah berhasil membuka pintu secara darurat. Ingat tips ini hanya untuk keadaan darurat. Jangan disalahgunakan untuk tindakan kriminal. Semoga bermanfaat.

Sumber : Yunianta's blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

KARET BUSHING DARI BAN BEKAS

Salah satu manfaat Kopi Darat (Kopdar) adalah mendapatkan informasi. Terutama informasi mengenai pemeliharaan tunggangan kita si FL. Karena di kopdar itu kita bertemu dengan banyak orang yang mempunyai tunggangan sejenis. Tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Salah satu informasi baru yang penulis dapatkan di acara kopdar adalah informasi mengenai karet kaki-kaki. Penulis mempunyai keluhan, dimana karet stabilizer yang dipasang oleh penulis seringkali gampang pecah. Mungkin karena di baut terlalu keras. Atau karena materialnya yang memang jelek. Waktu kopdar ke-3 di Bojonegoro kemarin, penulis bertemu dengan penunggang FL baru. Namanya Om Suwito Hadi. Orang Surabaya. Menunggang FL Sonic warna pink. Yang sebenarnya belum selesai dibangun. Sedang dalam proses pengecatan. Bahkan untuk bela-belain datang di kopdar, si pinky belum dipasang bumper. Catnya masih kasar karena belum dipoles. Om Suwito memberi informasi mengenai kios yang menjual aneka karet bush