Langsung ke konten utama

NANO ENERGIZER 5


Setelah merasakan manfaatnya pada motor Yamaha Crypton, ada keinginan untuk mencoba Nano Energizer pada si Ghia.  Mesin si Ghia memang terdengar kasar. Seperti ada suara ketukan. Tarikannya juga cukup lemot. Namun sejauh ini dipakai ke luar kota, tidak pernah ada masalah.  Menurut teknisi langganan, suara berasal dari noken as yang aus. Sehingga untuk menghilangkan suara itu, harus dengan menggantinya.
Setelah menimbang-nimbang cukup lama, akhirnya 3 hari sebelum hari lebaran, Nano Energizer terbeli juga. Harganya Rp. 120 ribu. Beli di tempat yang sama dengan waktu beli untuk motor dulu.
Nano Energizer untuk Mobil.

Menjelang berangkat mudik, Nano Energizer dimasukkan. Pertama mesin dipanaskan dulu 5 menit, lalu dimatikan. Kemudian Nano Energizer dimasukkan melalui lubang pengisian olie mesin. Lalu tutup dipasang dan dikeraskan. Kemudian mesin dipanaskan lagi 5 menit. Setelah itu, siap dipakai seperti biasa.  Seketika itu juga si Ghia dipakai mudik lebaran.
Selama pemakaian si Ghia, ada beberapa hal yang saya rasakan, berhubungan dengan pemakaian Nano itu.
1.    Perjalanan Surabaya-Magetan. Jarak tempuh +/- 200 km. Efek Nano masih belum terasa. Mesin masih terasa berisik. Tenaga masih lemot. Seperti biasa kalau masuk daerah Saradan-Caruban, AC harus mati supaya tarikan lebih enteng dan mesin tidak panas.  Temperatur mesin berkisar setengah kurang sedikit saat AC On, dan sepertiga bila AC off.
2.    Perjalanan Magetan-Ponorogo-Trenggalek. Jarak tempuh +/- 120 km.  Efek mulai terasa. Tarikan terasa lebih enteng. Waktu jalur menanjak di pegunungan Ponorogo-Trenggalek, tanjakan bisa dilahap dengan gigi 3. Biasanya harus dengan gigi 2.  AC On, temperatur sepertiga. Bila kondisi macet, temperature setengah kurang. Sebelumnya temperature setengah kurang sedikit saat lancar dan setengah datar saat macet.  Suara mesin berkurang, lebih halus.
Secara umum, maka efek Nano Energizer dapat dirangkum dalam beberapa klasifikasi sebagai berikut :
1.    Suara Mesin.  Suara mesin lebih halus. Terbukti saat jalan rata suara tidak terdengar dari kabin.  Dan saat menanjak, gemuruh mesin juga lebih lembut.
2.    Tarikan mesin. Lebih enteng. Saat tanjakan yang biasa dengan gigi 2 bisa dilahap dengan gigi 3.  Dari posisi berhenti bisa langsung jalan dengan gigi 2. Sebelumnya tidak.  Saat kecepatan sangat rendah posisi gigi 2, bisa jalan dengan halus. Sebelumnya menyendat-nyendat.
3.    Temperatur mesin. Lebih dingin. AC off posisi jarum pada garis paling bawah. Sebelumnya di atas garis sedikit. AC On lancar, jarum di 1/3. Sebelumnya setengah kurang sedikit. AC On macet, jarum di posisi setengah kurang. Sebelumnya di posisi setengah datar.
4.    Konsumsi BBM. Belum di ukur.
5.    Asap knalpot.  Tidak ada bedanya, karena si Ghia memang belum mengeluarkan asap.
Itulah sekelumit pengalaman menggunakan produk Nano Energizer. Mungkin ada rekan yang punya pengalaman lain, bisa sharing. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

KARET BUSHING DARI BAN BEKAS

Salah satu manfaat Kopi Darat (Kopdar) adalah mendapatkan informasi. Terutama informasi mengenai pemeliharaan tunggangan kita si FL. Karena di kopdar itu kita bertemu dengan banyak orang yang mempunyai tunggangan sejenis. Tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Salah satu informasi baru yang penulis dapatkan di acara kopdar adalah informasi mengenai karet kaki-kaki. Penulis mempunyai keluhan, dimana karet stabilizer yang dipasang oleh penulis seringkali gampang pecah. Mungkin karena di baut terlalu keras. Atau karena materialnya yang memang jelek. Waktu kopdar ke-3 di Bojonegoro kemarin, penulis bertemu dengan penunggang FL baru. Namanya Om Suwito Hadi. Orang Surabaya. Menunggang FL Sonic warna pink. Yang sebenarnya belum selesai dibangun. Sedang dalam proses pengecatan. Bahkan untuk bela-belain datang di kopdar, si pinky belum dipasang bumper. Catnya masih kasar karena belum dipoles. Om Suwito memberi informasi mengenai kios yang menjual aneka karet bush