Langsung ke konten utama

TURUN SETENGAH MESIN

Barusan si Ghiani kembali opname. Penyebabnya adalah air radiator masuk ke mesin. 
Awalnya, adalah saat mau pulang kampung ke Trenggalek. Sebelum berangkat, kami menjemput si sulung di sekolahan. Kembali dari sekolahan, siGhiani sempat mengisi BBM di SPBU Karangpilang. Sekeluar dari Karangpilang, jalan macet total. Si Ghiani akhirnya belok di jembatan lama Karangpilang. Barusan belok kanan, si Ghiani langsung berhenti. Saya cek temperatur berada di setengah lebih sedikit. Dari bawah kap keluar asap. Wah...pasti overheating. 
Lalu saya periksa radiator. Ternyata kering. Tunggu beberapa saat, lalu radiator diisi. Ternyata waktu mesin dinyalakan, air langsung hilang. Saya periksa kolong. Tidak ada kebocoran. Saya jadi curiga air masuk mesin. Cek stick oli, ternyata warna olie jadi seperti kopi susu. 
Vonisnya, air masuk mesin karena silinder head melengkung. 
Akhirnya acara mudik dibatalkan. 
Mobil ditarik ke bengkel. Di bengkel dibongkar. Ternyata bener, air masuk mesin bercampur dengan olie. Warna oli jadi kopi susu. 
Setelah dibersihkan, baru tahu bahwa ternyata jalan masuk air bukan karena silinder head melengkung. Tapi berasal dari lubang di silinder head.
Lubang sebesar jari tangan, kondisinya ditutup dengan semacam mangkok. Tapi tutup tersebut lepas, sehingga air leluasa masuk mesin. Makanya, setiap mengisi radiator, air langsung habis.
                                            Gambar silinder head. Posisi lubang yang sudah ditutup dengan mangkoknya.
Selanjutnya, dilakukan pembersihan. Dan otomatis belanja.
Daftar belanja :
- packing silinder kop 65.000
- packing kalter 25.000
- packing deck klep 25.000
- packing manipol in/out 45.000
- seal as kruk depan 20.000
- seal bulan 15.000
- seal klep 60.000
- filter oli 20.000
- lem 3bound 20.000
- oli primaxp 105.000
- bensin 5 liter 25.000
- mur templar 2 bj 30.000
Total 455.000
Tindakan yang dilakukan :
- pembersihan
- skir klep
- ganti seal klep
Waktu setel pengapian, sempat kesulitan, karena noken as sudah aus, sehingga bukaan klep tidak maksimal.
Setelah ditemukan pengapiannya, mesin ternyata bisa hidup dengan lebih halus, tarikan lebih enteng. Saat keluar dari opname, langsung saya pakek ke Trenggalek, menghadiri lamaran ponakan.
Ongkos bengkel cukup 400.000. saja. Ditambah dengan beli aki tukar tambah dengan yang lama, 300.000. Jadi jajan si Ghiani total jadi 1.155.000. 

Komentar

  1. wah dapat ilmu nih om,aku jg punya FL namanya si-jogi krn no platnya H 7061 FB, beri tahu cara setting pengapian ford laser om.makasih sebelumnya ya, lam kenal dari salatiga

    BalasHapus
  2. hehehe...mas Jogi... saya juga tidak ngerti mesin. Kemarin saya terima beres saja....

    BalasHapus
  3. malam pak priyo,...
    Mobil saya laser tahun 1982 mesin masik enak suarannya tapi ada kendala kebalikan dari bapak yg di trenggalek yg oilnya masuk ke mesin. Tapi mobil saya oilnya masuk ke radiator bagaimana pengatasinnya.

    BalasHapus
  4. terus yang harus diganti apa aja, dan perkiraan dana yg saya sedia kan berapa, dan saya harus perbaiki mobil saya kemana?

    BalasHapus
  5. Bos apakah selanjutnya aman..atau ada jadwal nya kpn harus skir klep

    BalasHapus
  6. Brp ya biaya overhaule u sedan daihatsu classy....apakah itu jg termasuk biaya bongkar selinder kop/terpisah pisah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Minggu