Setelah digunakan untuk melakukan beberapa kali perjalanan luar kota ke Trenggalek, Magetan dan Kediri, FL mulai menunjukkan gejala kurang sehat. Setiap kali diinjak gas, mesin serasa mau mati, baru kemudian ngacir. Kadang-kadang dari knalpot keluar asap hitam. Akibatnya jadi tidak nyaman. Seperti njendul-njendul.
Sudah dicoba dilakukan pembersihan karburator. Dikasih carbu cleaner. Ternyata saat dicoba tarik gas besar, mesin batuk-batuk. Terdengar letusan-letusan kecil. Keluar asap hitam dari knalpot.
Dicoba ke bengkel bukan langganan di dekat rumah. Diagnosanya membuat hati kebat-kebit. Katanya, kompresi piston sudah tidak kuat untuk membuat pembakaran, sehingga timbul letusan-letusan. Sarannya, dilakukan turun mesin untuk melihat kondisi dalam ruang pembakaran.
Kurang puas dengan diagnosa montir pertama, langsung meluncur ke bengkel langganan di KRian. Bengkel langganan juga melakukan langkah pengecekan sama. Filter udara dilepas, kemudian gas ditarik besar-besar. Hasilnya mesin batuk-batuk lagi. Sang montir langsung memberi saran untuk ke spesialis carburator. Kemungkinan ada komponen karburator yang harus diganti. Menurut pak Sunar (sang montir langganan), aliran BBM di karburator tidak lancar. Kadang telat, kadang banjir, sehingga pembakaran tidak lancar.
Pak Sunar memberi saran untuk pergi ke spesialis carburator Bapak H. Munif di Jl. Mangunan I Sepanjang. Sayangnya, bengkel spesialis carburator ini tiap hari Minggu libur, sehingga sampai saat ini belum ada kesempatan untuk kesana.
Alhasil, FL sampai sekarang masih endut-endutan.
...............
Sudah dicoba dilakukan pembersihan karburator. Dikasih carbu cleaner. Ternyata saat dicoba tarik gas besar, mesin batuk-batuk. Terdengar letusan-letusan kecil. Keluar asap hitam dari knalpot.
Dicoba ke bengkel bukan langganan di dekat rumah. Diagnosanya membuat hati kebat-kebit. Katanya, kompresi piston sudah tidak kuat untuk membuat pembakaran, sehingga timbul letusan-letusan. Sarannya, dilakukan turun mesin untuk melihat kondisi dalam ruang pembakaran.
Kurang puas dengan diagnosa montir pertama, langsung meluncur ke bengkel langganan di KRian. Bengkel langganan juga melakukan langkah pengecekan sama. Filter udara dilepas, kemudian gas ditarik besar-besar. Hasilnya mesin batuk-batuk lagi. Sang montir langsung memberi saran untuk ke spesialis carburator. Kemungkinan ada komponen karburator yang harus diganti. Menurut pak Sunar (sang montir langganan), aliran BBM di karburator tidak lancar. Kadang telat, kadang banjir, sehingga pembakaran tidak lancar.
Pak Sunar memberi saran untuk pergi ke spesialis carburator Bapak H. Munif di Jl. Mangunan I Sepanjang. Sayangnya, bengkel spesialis carburator ini tiap hari Minggu libur, sehingga sampai saat ini belum ada kesempatan untuk kesana.
Alhasil, FL sampai sekarang masih endut-endutan.
...............
Saya mau tanyak alamat bengkel pak sunar yang di krian alamat tepatnya di mana pak ??? saya dari surabaya kebetulan saya pake FL tahun 97, dan penyakit mobilnya sama.......
BalasHapusTerimakasih
Kalo batuk-batuk, kayaknya karburatornya yang harus di servis. Servis di H. Munif Jl. Mangunan Sepanjang. Bawa carburatornya saja. Saya dulu servis kena biaya 210 ribu dan bawa karburator kit 70ribu.
BalasHapusMas, ada no telpon pak munif sepanjang ya ? mau servis karburator nih..makasih
BalasHapusAq juga mau tanyak alamate klu ada nomer telfonnya pak Haji Munif
BalasHapus