Langsung ke konten utama

BEMO

Kendaraan ini saya kenal dan naiki pertama kali saat sekolah di Malang. Tahun 1991, armada ini masih lalu lalang di kota Malang.
Suaranya berisik. Mesin 2 tak. Kalau pas naik di depan samping sopir, kadang melirik stir. Ada logo merk Daihatsu.
Setelah itu keberadaan bemo ini semakin sedikit. Beberapa rute angkota sudah diganti dengan mobil Carry, T120ss atau Zebra. Sehingga bemo hanya melayani beberapa rute saja.
Namun sampai saya lulus sekolah, masih ada satu rute yang dilalui bemo ini. Yaitu rute ke Joyogrand. Bahkan waktu saya wisuda, saya nyarter bemo ini untuk membawa pulang dari kampus ke kost-an.

Ngomong-ngomong soal bemo, ada kejadian lucu yang saya alami. Yaitu ketika awal-awal mengunjak kota Sidoarjo. Waktu itu saya mau ke terminal Bungurasih. Dari kost-an. Karena masih bingung dengan jalur angkutan, maka saya nanya ke teman kost. Oleh teman kost diberi petunjuk untuk naik bemo warna orange.
Maka berangkatlah saya ke jalan raya. Menunggu bemo orange lewat. Namun sudah sekian lama menunggu, ternyata tidak ada bemo yang lewat.  Dalam benak saya bemo yang dimaksud adalah kendaraan roda 3 seperti di Malang.
Sampai kemudian ada orang lewat, saya tanya. Ternyata yang dimaksud bemo di Sidoarjo adalah angkot. Roda 4. Ada Suzuki Carry, ada juga Daihatsu Zebra. Oaallahhh....

Kejadian ini sempat mau terulang di Madura. Waktu saya sedang dinas luar di pabrik cabang Madura. Waktu mau jalan-jalan ke Asta Tinggi, dikasih tahu untuk naik taksi. Padahal selama di Madura saya tidak pernah melihat taksi melintas. Ternyata yang dimaksud taksi adalah kendaraan angkutan umum berupa Izusu Bison atau Mitsubishi  L-300.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak y...

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

GANTI SHOCK ABSORBER

Setelah setahun lebih si Ghia mengabdi, mulailah terasa ada gangguan di kaki-kaki. Skok terasa mati. Kalo melewati jalan tidak rata, terdengar gluduk-gluduk cukup keras. Semakin lama semakin keras. Saya cek kondisi shock, ternyata semua (kiri dan kanan) sudah basah dengan oli. Mungkin selain faktor umur,  ini disebabkan si Ghia seringkali digunakan untuk memuat barang hingga overload. Sebagai gambaran, kalau musin jeruk, sering digunakan untuk mengangkut jeruk. Pernah saat mudik, bagasi dipenuhi dengan jeruk Bali. Ditambah dengan 3 orang dewasa, 1 remaja dan 1 anak-anak. Terasa sekali posisi si Ghia sampai mendongak. Kejadian ini juga dialami saat musim mangga. Setelah mencari informasi kanan kiri, maka diputuskan untuk ganti shock absorber. Pilihannya adalah harga termurah. Merk Shibaruni. Harga Rp. 450ribu sepasang. Sekalian juga belanja boot shock, dan karet tatakan spiral. Untuk penggantian diputuskan untuk dikerjakan sendiri. Dengan modal nekat hasil googling. Hari Mi...