Setelah ganti noken as belum setahun yang lalu, ternyata problem suara kasar muncul lagi. Baru beberapa bulan, problem suara kasar muncul lagi. Semakin lama semakin keras. Kemudian disusul kejadian si Ghia mengalami musibah templar pecah. Menurut montir di bengkel Trowulan, akibat stelan klep yang terlalu rapat. Mungkin upaya untuk memperhalus mesin.
Konsultasi dengan bengkel, ternyata penggantian noken as copotan memang jarang yang berhasil. Suara kasar selalu masih ada. Bahkan seringkali tidak membuat suara jadi halus.
Akhirnya ada ide untuk mengganti silinder head 1 set copotan. Selanjutnya berburu silinder head. Di daerah Surabaya/Sidoarjo, ganti silinder head ditawarkan 3 juta. Terima bersih. Sempat kontak Om FLB yang sempat menawarkan silinder headnya di Blognya (www.fordlaserbogo.blogspot.com). Namun, mungkin karena Om Flb bukan pedagang, negosiasi berjalan sangat lambat.
Untungnya ada Om Shofi di Solo yang merespon dengan cepat. Akhirnya satu set silinder head saya dapatkan dari Om Shofi. Dikirim dengan kurir paket.
Pasang di bengkel Pak Sunar Krian. Hasilnya, mak nyus. Suara seperti diesel sudah hilang. Tambah lagi ganti CV join sebelah kiri. Suara kletek-kletek saat belok kanan jadi hilang.
Biaya :
Konsultasi dengan bengkel, ternyata penggantian noken as copotan memang jarang yang berhasil. Suara kasar selalu masih ada. Bahkan seringkali tidak membuat suara jadi halus.
Akhirnya ada ide untuk mengganti silinder head 1 set copotan. Selanjutnya berburu silinder head. Di daerah Surabaya/Sidoarjo, ganti silinder head ditawarkan 3 juta. Terima bersih. Sempat kontak Om FLB yang sempat menawarkan silinder headnya di Blognya (www.fordlaserbogo.blogspot.com). Namun, mungkin karena Om Flb bukan pedagang, negosiasi berjalan sangat lambat.
Untungnya ada Om Shofi di Solo yang merespon dengan cepat. Akhirnya satu set silinder head saya dapatkan dari Om Shofi. Dikirim dengan kurir paket.
Pasang di bengkel Pak Sunar Krian. Hasilnya, mak nyus. Suara seperti diesel sudah hilang. Tambah lagi ganti CV join sebelah kiri. Suara kletek-kletek saat belok kanan jadi hilang.
Biaya :
- Silinder head copotan : Rp. 900.000,-
- Packing set : Rp. 95.000,-
- Seal klep : Rp. 60.000,-
- Biaya pasang : Rp. 250.000,-
- Total : Rp. 1.305.000,-
Saya butuh silinderkop diesel model 2100d 2 piston)
BalasHapus