Sudah lama sekali saya merasakan kalau tongkat persneleng terlalu rebah. Kalau mau oper persneleng ke gigi 1 atau 2, sampai menyentuh bangku sebelah kiri. Kalau pada posisi netral, tongkat persneleng tidak mau kembali tegak.
Usut punya usut, dari informasi hasil googling ternyata problemnya dari karet bushing. Kebetulan, waktu kopdar di alun-alun Sidoarjo, mas Eko Prasetyo sempat cerita bahwa baru mengganti part ini. Harganya murah, hanya 20ribu.
Akhirnya pulang kerja, saya mampir di toko yang diinfokan oleh Mas Eko, Beli bushing persneleng. Penjualnya langsung kasih. Harga 20ribu isi 6 pcs plus bautnya.
Usut punya usut, dari informasi hasil googling ternyata problemnya dari karet bushing. Kebetulan, waktu kopdar di alun-alun Sidoarjo, mas Eko Prasetyo sempat cerita bahwa baru mengganti part ini. Harganya murah, hanya 20ribu.
Akhirnya pulang kerja, saya mampir di toko yang diinfokan oleh Mas Eko, Beli bushing persneleng. Penjualnya langsung kasih. Harga 20ribu isi 6 pcs plus bautnya.
Foto 1 : Gambar bushing persneleng.
Keesokan harinya, langsung action. Bongkar tongkat persneleng.
Langkah-langkahnya adalaj sebagai berikut :
- Lepas dulu baut penghubung tongkat persneleng dan lengan persneleng. Untuk melepas harus ngolong. Sebelumnya, mobil harus di dongkrak dulu agar badan kita muat di kolong.
Foto 2 : Baut penghubung tongkat dan lengan persneleng dilepas. Nampak bushingnya sudah hancur tidak berbekas.
- Kemudian tongkat persneleng ditarik ke atas. Sebelumnya, kita lepas dulu per yang sekaligus berfungsi sebagai pengunci tongkat. Dilepas dari atas / dalam kabin.
Foto 3 : Melepas per sekaligus pengunci tongkat persneleng.
- Periksa juga bushing tongkat persneleng. Berupa plastik warna putih yang mengapit tonjolan berbentuk bola pada tongkat persneleng. Struktur ini memungkinkan tongkat persneleng bergerak bebas. Ternyata bushing plastik masih bagus.
Foto 4 : Periksa bushing tongkat persneleng, plastik warna putih. Kondisi masih bagus.
- Pasang kembali tongkat persneleng, dengan membalik langkah waktu melepas tadi. Kemudian pasang bushing pada sambungan tongkat persneleng dan lengannya.
Foto 5 : Pasang karet bushing.
- Karet bushing juga dipasang di sambungan lengan dengan lengan yang masuk di gearbox. Jadi jumlah yang terpasang ada 6 buah. Pas satu bungkus isi 6 pcs. Sedangkan bautnya masih bagus, sehingga tidak dipasang.
- Kencangkan kembali baut-baut. Dan selesailah pekerjaan ini.
Thanks om infonya, ngeliat postingan gambarnya jelas banget, mantap buat bongkar sendiri
BalasHapusTerima kasih sudah mampir Om....
BalasHapusmantap om...nyontek ilmunya ya buat sabtu nanti saya juga mau eksekusi masalah yang sama... FLOCK #433
BalasHapusOm bs minta no hppnjualnya??
BalasHapusMangstab om infonya👍
BalasHapusMantap kasih panduannya...
BalasHapusBisa di coba buat bongkar sendiri