Barusan si Ghiani kembali opname. Penyebabnya adalah air radiator masuk ke mesin.
Awalnya, adalah saat mau pulang kampung ke Trenggalek. Sebelum berangkat, kami menjemput si sulung di sekolahan. Kembali dari sekolahan, siGhiani sempat mengisi BBM di SPBU Karangpilang. Sekeluar dari Karangpilang, jalan macet total. Si Ghiani akhirnya belok di jembatan lama Karangpilang. Barusan belok kanan, si Ghiani langsung berhenti. Saya cek temperatur berada di setengah lebih sedikit. Dari bawah kap keluar asap. Wah...pasti overheating.
Lalu saya periksa radiator. Ternyata kering. Tunggu beberapa saat, lalu radiator diisi. Ternyata waktu mesin dinyalakan, air langsung hilang. Saya periksa kolong. Tidak ada kebocoran. Saya jadi curiga air masuk mesin. Cek stick oli, ternyata warna olie jadi seperti kopi susu.
Vonisnya, air masuk mesin karena silinder head melengkung.
Akhirnya acara mudik dibatalkan.
Mobil ditarik ke bengkel. Di bengkel dibongkar. Ternyata bener, air masuk mesin bercampur dengan olie. Warna oli jadi kopi susu.
Setelah dibersihkan, baru tahu bahwa ternyata jalan masuk air bukan karena silinder head melengkung. Tapi berasal dari lubang di silinder head.
Lubang sebesar jari tangan, kondisinya ditutup dengan semacam mangkok. Tapi tutup tersebut lepas, sehingga air leluasa masuk mesin. Makanya, setiap mengisi radiator, air langsung habis.
Gambar silinder head. Posisi lubang yang sudah ditutup dengan mangkoknya.
Selanjutnya, dilakukan pembersihan. Dan otomatis belanja.
Daftar belanja :
- packing silinder kop 65.000
- packing kalter 25.000
- packing deck klep 25.000
- packing manipol in/out 45.000- seal as kruk depan 20.000
- seal bulan 15.000
- seal klep 60.000
- filter oli 20.000
- lem 3bound 20.000
- oli primaxp 105.000
- bensin 5 liter 25.000
- packing kalter 25.000
- packing deck klep 25.000
- packing manipol in/out 45.000- seal as kruk depan 20.000
- seal bulan 15.000
- seal klep 60.000
- filter oli 20.000
- lem 3bound 20.000
- oli primaxp 105.000
- bensin 5 liter 25.000
- mur templar 2 bj 30.000
Total 455.000
Tindakan yang dilakukan :
- pembersihan
- skir klep
- ganti seal klep
Waktu setel pengapian, sempat kesulitan, karena noken as sudah aus, sehingga bukaan klep tidak maksimal.
Setelah ditemukan pengapiannya, mesin ternyata bisa hidup dengan lebih halus, tarikan lebih enteng. Saat keluar dari opname, langsung saya pakek ke Trenggalek, menghadiri lamaran ponakan.
Ongkos bengkel cukup 400.000. saja. Ditambah dengan beli aki tukar tambah dengan yang lama, 300.000. Jadi jajan si Ghiani total jadi 1.155.000.
wah dapat ilmu nih om,aku jg punya FL namanya si-jogi krn no platnya H 7061 FB, beri tahu cara setting pengapian ford laser om.makasih sebelumnya ya, lam kenal dari salatiga
BalasHapushehehe...mas Jogi... saya juga tidak ngerti mesin. Kemarin saya terima beres saja....
BalasHapusmalam pak priyo,...
BalasHapusMobil saya laser tahun 1982 mesin masik enak suarannya tapi ada kendala kebalikan dari bapak yg di trenggalek yg oilnya masuk ke mesin. Tapi mobil saya oilnya masuk ke radiator bagaimana pengatasinnya.
terus yang harus diganti apa aja, dan perkiraan dana yg saya sedia kan berapa, dan saya harus perbaiki mobil saya kemana?
BalasHapusBos apakah selanjutnya aman..atau ada jadwal nya kpn harus skir klep
BalasHapusBrp ya biaya overhaule u sedan daihatsu classy....apakah itu jg termasuk biaya bongkar selinder kop/terpisah pisah...
BalasHapusitu sama saja pak
BalasHapus