Langsung ke konten utama

NANO CERAMICS COATING



         
          Kemarin tanggal 23 Mei 2012, saya mencoba produk Nano Ceramics. Produk ini dari Korea, diklaim mampu memperbaiki kondisi mesin yang sudah waktunya turun mesin.
Awalnya dimulai dari kondisi mesin motor Yamaha Crypton yang terjangkit penyakit parah. Mula-mula mesin berasap, oli cepat habis. Masuk bengkel divonis harus ganti piston. Sekalian di cek yang lain, menurut mekanik, kondisi stang piston masih baik. Jadi cukup ganti piston saja. Dengan budget 255 ribu, akhirnya si Crypton sukses ganti piston, skir klep, ganti seal klep.
Hari-hari pertama setelah turun mesin, kondisi cukup meyakinkan. Suara mesin cukup halus, tarikan makin responsif. Tapi setelah satu bulan, muncul suara-suara yang membuat risih telinga. Mulai suara tek tek, sampai kemracak. Mau dikembalikan ke bengkel yang mengerjakan penggantian piston, ternyata si bengkel sudah tutup. 
Akhirnya masuk bengkel lain untuk diagnosa. Hasil diagnosa mekanik bengkel baru, sebagai berikut :
-      Piston sudah longgar, kemungkinan waktu oversize pertama kemarin tidak bagus, sehingga tidak merata.
-      Stang piston sudah longgar, kemungkinan dulu tidak terasa karena kompressi kurang. Setelah ganti piston, kompressi besar, sehingga stang terasa makin longgar.
-      Estimasi biaya sekitar 600 ribu untuk ganti piston, stang piston.
Melihat besarnya biaya, terpaksa pengobatan Crypton ditunda dulu. Pada saat masa penantian itu, saya menemukan informasi mengenai produk nano ceramic ini. Melihat harganya yang Cuma sepersepuluh dari estimasi biaya bila turun mesin, maka saya mengambil keputusan untuk gambling, untuk mencoba produk ini dulu. Resiko yang mungkin saya terima :
1.    Produk ini tidak berfungsi apa-apa. Saya akan kehilangan uang 60 ribu.
2.    Produk ini justru merusak mesin, sehingga kondisi mesin semakin parah. Resiko ini saya ambil, karena kondisi Crypton menurut saya sudah cukup parah. Jadi kalau semakin parah juga tidak apa-apa, sekalian nanti dijual kiloan aja. Hehehehe...
Produk Nano Ceramics ini saya dapatkan dari informasi di internet. Di beberapa iklan di internet, ada beberapa orang yang menjual produk ini. Setelah mencoba sekian nomor, ternyata ada satu yang nyambung. Namanya pak Endra, dia ngantor di Nginden. Siang-siang waktu istirahat, saya menyambangi kantor pak Endra.

Inilah salah satu informasi di internet tentang Nano Energizer...
Setelah mendapatkan Nano Ceramics, produk ini saya aplikasikan ke Crypton. Pertama, saya ganti oli. Kemudian pagi-pagi saya panaskan Crypton. Setelah itu saya matikan. Kemudian Nano Ceramics saya masukkan, lalu saya gunakan seperti biasa. Untuk selanjutnya, masih dipantau perkembangannya. Saya belum merasakan perubahannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAJAK DAN FILOSOFINYA

Beberapa hari yang lalu saya pulang ke desa. Ada nuansa berbeda yang bikin saya bernostalgia. Waktu itu awal musim tanam padi. Para petani hiruk pikuk mengolah tanahnya. Suara deru traktor tangan terdengar bahkan sampai malam hari. Di sela- sela hilir mudik traktor tangan, saya melihat satu hal yang langka. Seorang petani berseru mengendalikan 2 ekor sapi yang sedang menarik bajak. Pemandangan yang langka. Yang mulai hilang ketika saya menginjak SMP. Tahun 90an. Dimana jasa bajak tradisional ini digantikan dengan traktor tangan. Gambar : orang sedang membajak sawah. Di balik alat bajak yang ditarik dengan 2 ekor sapi atau kerbau ini, tersimpan ajaran filosofi yang tinggi.Sunan Kalijaga adalah orang yang menyebarkan filosofi ini. Ini pernah saya dengar dari embah saya dulu. Adapun beberapa filosofi bajak yang masih saya ingat adalah sebagai berikut : 1.  LUKU. Dalam bahasa Jawa, bajak disebut dengan LUKU. Berawal dari kata LAKU atau MLAKU.   Artinya, orang membaja

Kotak Sekring dalam Kabin

Meskipun letaknya di dalam kabin, tutup kotak sekring Ford Laser eks taksi yang berada di samping pintu pengemudi ternyata tidak sepenuhnya “aman”, alias bisa saja hilang. Mungkin karena memang sudah tidak ada saat meminangnya dulu atau memang terlupa memasangnya kembali sehingga kemudian hilang. Padahal tutup kotak tersebut relatif penting. Pasalnya, di atas tutup tersebut terdapat petunjuk yang berisikan informasi besaran amper dan kegunaan fungsi sekring tersebut. Sehingga memudahkan kita saat mengganti salah satu sekring yang putus dengan besaran amper yang sesuai. Tanpa berpanjang lebar lagi, di bawah ini adalah gambar pada tutup kotak sekring yang berada dalam kabin Ford Laser eks taksi. Semoga penayangan artikel ini dapat memenuhi permintaan pembaca yang masuk ke redaksi www.fordlaserbogor.blogspot.com . Semoga bermanfaat. (FLB) 2 komentar

NOMOR RANGKA KEROPOS

     Pengalaman ini saya alami ketika pegang Suzuki Carry. Ketika akan ganti STNK, dilakukan cek fisik. Saat dicek, ternyata nomor rangka yang berada di bawah jok tidak kelihatan karena keropos. Diperiksa dengan lebih teliti oleh petugas gesek dan atasannya. Masih nampak bahwa nomor orisinil.      Akhirnya oleh petugas diberikan surat pengantar untuk mengurus nomor rangka baru.  Surat Pengantar ditujukan ke Polda Jatim. Berbekal surat itu, saya ke Polda Jatim. Mobil dibawa. Di Polda, kebetulan ada keponakan yang dinas disana. Dengan bantuannya, Carry di cek fisik. kemudian hasil cek fisik dibawa ke bagian adiministrasi. Lalu keluar surat pengantar ke dealer Suzuki. Biaya 100 ribu.      Surat Pengantar dibawa ke UMC di jalan A.Yani, satu deret dengan Polda. Di UMC surat diterima. Lalu dikasih tanda terima. Tiga hari kemudian disuruh ambil. Keluar, berupa lempengan logam bertuliskan nomor rangka mobil. Disertai surat keterangan mengenai penggantian rangka. Surat dan lempengan nomor me