Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2014

MANNUAL BOOK FORD LASER & MAZDA 323

Untuk para flocker yang membutuhkan mannual Ford Laser, monggo silahkan disedot. Gratis. Mannual Ford Laser Buku Mannual ini dulu saya dapatkan ari download. Kalo gak salah dari blognya Om Ford Laser Bogor. Untuk penggemar Mazda 323 yang merupakan kembaran Ford Laser, mangga disedot yang ini. Mazda Owner Mannual Sedangkan yang ini kayaknya untuk Mazda Astina (identik dengan Ford Champ???). Mazda Astina Mannual Book Mudah-mudahan membawa manfaat..

AWAS, HATI-HATI PENIPUAN..!!!!

Modul penipuan ini tergolong baru.  Kalau biasanya korbannya adalah calon pembeli, kali ini korbannya sorang yang sedang menjual sepeda motor. Kejadian bermula saat seorang, sebut saja pak Abdul, mengiklankan motornya di koran.  Pagi-pagi dia terima telepon dari seorang pria. Mau membeli motornya. Janjian untuk ketemuan. Disepakati untuk ketemu di sebuah SMP, yang diakui oleh pria calon pembeli sebagai tempat istrinya mengajar. Dia menyebut sebuah nama yang disebutnya sebagai istrinya yang menjadi guru disitu. Jam 9 pak Abdul datang ke sekolah.  Sang calon pembeli sudah menunggu di masjid sekolahan. Seperti biasa, si calon pembeli melihat-lihat motor. Bahkan sempat mencoba motor keliling halaman sekolah. Kemudian tawar menawar. Sampai di satu titik harga dimana pak Abdul bersikukuh tidak mau turun lagi,  Si calon pembeli minta STNK dan BPKB, alasannya mau ditunjukkan ke istrinya (yang katanya sedang mengajar). Karena sudah percaya, STNK dan BPKB dikasihkan. Si calon pembeli kemud

KARET BUSHING DARI BAN BEKAS

Salah satu manfaat Kopi Darat (Kopdar) adalah mendapatkan informasi. Terutama informasi mengenai pemeliharaan tunggangan kita si FL. Karena di kopdar itu kita bertemu dengan banyak orang yang mempunyai tunggangan sejenis. Tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Salah satu informasi baru yang penulis dapatkan di acara kopdar adalah informasi mengenai karet kaki-kaki. Penulis mempunyai keluhan, dimana karet stabilizer yang dipasang oleh penulis seringkali gampang pecah. Mungkin karena di baut terlalu keras. Atau karena materialnya yang memang jelek. Waktu kopdar ke-3 di Bojonegoro kemarin, penulis bertemu dengan penunggang FL baru. Namanya Om Suwito Hadi. Orang Surabaya. Menunggang FL Sonic warna pink. Yang sebenarnya belum selesai dibangun. Sedang dalam proses pengecatan. Bahkan untuk bela-belain datang di kopdar, si pinky belum dipasang bumper. Catnya masih kasar karena belum dipoles. Om Suwito memberi informasi mengenai kios yang menjual aneka karet bush

KOPDAR 3 BOJONEGORO

Pada tanggal 16 Maret 2014, dilaksanakan Kopi Darat (Kopdar) ke 3 Flock Jatim. Dilaksanakan di Bojonegoro. Awalnya kopdar direncakan di Kediri. Namun karena Gunung Kelud Erupsi, dialihkan ke Bojonegoro. Karena para panitia Kopdar di Kediri semua sedang sibuk benah-benah rumah. Kopdar diawali dengan berkumpul di Alun-Alun Bojonegoro. Tercatat ada 22 mobil Ford Laser yang hadir di Kopdar ke 3 ini. Ada dari Tulungagung, Kediri, Blitar, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Surabaya, Tuban dan tuan rumah Bojonegoro. Deretan seksi pantat FL. Beraneka warna dan variasi. Setelah semua peserta Kopdar hadir dan berkumpul di Alun-Alun, kemudian oleh panitia digerakkan ke Wisata Agro Kebun Blimbing. FL-pun berkonvoi menuju lokasi. Deretan FL membentuk konvoi menuju lokasi Agrowisata Kebun Blimbing. Setelah puas melihat kebun buah Blimbing, rombongan bergeser menuju ke Bendungan Gerak, Kalitidu. Di sini dilaksanakan penutupan. Secara umum, acara Kopdar ke 3 ini berlangsung suks

OPREK MOTOR VEGA R

Beberapa hari belakangan ini, setelah ganti lampu utama, New Vega R si sulung bermasalah. Kalo melewati jalan tidak rata, polisi tidur atau lubang jalan, lampu depan sering "njeplak".  Memang konstruksi kepala New Vega R ini kurang kokoh. Antara kepala depan dan plastik belakang hanya diikat dengan 4 skrup. Dan posisi semuanya ada di bawah. Sedang di bagian atas hanya ada kaitan. Kaitan ini sering mrotholi (patah) karena seringnya dibongkar pasang. Untuk mengatasi agar tidak sering njeplak lagi, saya bersama si sulung berkreasi. Yaitu dengan membuat kuncian di bagian atas. Memanfaatkan plat nomor bekas. Plat nomor digunting. Kemudian dipasang di bagian kepala motor. Dikasih lubang untuk skrup. Lalu kepala bagian depan dilubangi untuk skrup masuk. Lubang diukur dengan hati-hati agar pas dengan plat nomor tadi. Lalu dilanjutkan dengan pemasangan. Pasangkan skrup. Dan selesailah proyek ini. Dengan penguatan sperti ini, tidak akan njeplak lagi. Walau me

KARET BOOT LAMPU

Hari minggu kemarin, pagi-pagi saya melihat di lampu depan ternyata mengembun.  Malam sebelumnya memang si Ghia barusan diguyur hujan deras. Saat itu saya pakai ke Waru. Setelah saya periksa dan pikir-pikir, mungkin air masuk dari lubang belakang lampu. Lubang ini seharusnya ditutup dengan karet boot. Namun di si Ghia, karet boot hanya ada di lampu kiri saja. Sebelumnya karet itu ada di sebelah kanan, dan barusan saya pindah di lampu kiri. Selama karet di lampu kanan, tidak pernah ada kasus embun. Mungkin karena lampu kiri dekat dengan fan, sehingga cipratan air langsung tertiup dan tidak sempat mampir di lampu. Karet boot lampu. Karena kasus itu, saya merasakan pentingnya karet boot lampu.  Saat itu juga pergi ke Sepanjang. Keliling ke beberapa toko part. Tanya karet boot lampu FL. Ternyata kosong semua. Mau ke Surabaya, tidak ada informasi pasti apakah hari Minggu toko part buka atau tidak. Kemudian ingat pada postingan teman di grup FLOCK. Menggunakan potongan botol ai

BENGKEL SKOK CAK IMAM

Bengkel ini hanya berupa gubug kecil. Bertempat di bekas lokasi jembatan timbang di Kletek. Bersebelahan dengan tukang tambal ban dan tukang las karbit. Saya mengenal pertama kali saat masih miara Daihatsu Zebra tahun 2000an. Saat itu per Depan si Zeby patah. Waktu saya bawa ke bengkel Cak Imam, ditawarkan untuk ganti per atau dilas saja. Karena untuk ganti per harus nunggu dibelikan di loakan, maka saya ambil opsi dilas saja. Ternyata awet, setahun lebih sampai si Zeby dijual masih oke. Kemudian saya servis skok motor yang rembes. Ternyata metode cak Imam, beda dengan tukang skok yang saya kenal sebelumnya. Kalau tukang skok yang saya tahu, biasanya mengisi oli dengan cara mengebor tabung skok, lalu dilas lagi. Istilahnya disuntik. Sedangkan cak Imam tidak menggunakan cara ini. Dia memilih untuk membongkar sealnya. Seal dilepas, lalu oli dituang. Lantas pasang seal baru. Cara ini lebih awet. Karena pada dasarnya, skok yang rembes dikarenakan sealnya sudah rusak. Sehingga kalau h

MENINGGIKAN SKOK BELAKANG

Sudah beberapa lama saya merasakan skok belakang si Ghia terlalu amblas. Apabila penumpang penuh, terasa sekali body seperti njomplang. Sempat berfikir bahwa hal ini disebabkan oleh per yang sudah pernah dipotong oleh pemilik sebelumnya. Atau karena per yang sudah lemes. Secara muatan, memang si Ghia seringkali muat berat. Beberapa kali bagasi penuh dengan jeruk Magetan, plus penumpang jok belakang 3 orang. Jadi, beban skok belakang memang berat. Semula  ada ide untuk ganti per. Namun setelah tanya sana-sini, ternyata harga per baru cukup mahal. Bahkan per bekas juga cukup mahal. Sementara kita tidak bisa tahu mutunya. Akhirnya setelah diskusi dengan tukang skok, maka diambil jalan yaitu meninggikan mangkok dudukan per. Hal in diambil dengan pertimbangan, bahwa skok juga telah bocor. Per juga kayaknya belum pernah dipotong. Gambar per, masih 6 ulir. Mungkin belum pernah dipotong, namun sudah lemes. Langkah pertama adalah melepas skok dari mobil, dan memisahkan dengan pern