Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2012

NIK (Nomor Induk Kepabeanan)

Kali ini saya akan bercerita mengenai salah satu pekerjaan di kantor.   Setelah salah seoran karyawan senior pensiun, saya kebagian tugas untuk menghandle pekerjaannya. Salah satu tugasnya adalah mengurus kelengkapan perijinan perusahaan.   Beberapa perijinan yang agak njlimet telah diserahkan kepada biro jasa. Seperti pengurusan APIU (Angka Pengenal Importir Umum). Saya hanya kebagian mempersiapkan berkas-berkas saja.   Sedang yang lain beberapa saya kerjakan sendiri. Salah satu yang harus dikerjakan sendiri adalah mengurus NIK (Nomor Induk Kepabeanan).   NIK ini dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang akan melaksanakan kegiatan ekspor dan impor.   Angka ini diperlukan untuk mengakses sistem online di bea cukai. Tanpa NIK ini, perusahaan tidak dapat ekspor.   Bisa ekspor kalau meminjam NIK milik perusahaan lain. Nah, tahunya kita butuh NIK adalah saat perusaan tempat saya bekerja mau melaksanakan ekspor.   Saat itu saya masih belum diserahi menghandle perijinan.    Saat mau e

OLI DIESEL UNTUK GHIA

Untuk lebih meyakinkan, saya aplikasikan Meditran S ke motor Crypton. Ini untuk mengurangi resiko bila efek oli diesel ini buruk.   Hasilnya cukup memuaskan.   Suara mesin lebih halus.   Tarikan lebih enteng.   Bahkan untuk membuktikan bahwa ini bukan hanya sugesti, sewaktu ganti oli berikutnya sengaja saya isikan oli Castrol Go.   Ternyata memang suara mesin jadi lebih kasar.   Karena itu, sehari beikutnya, oli saya ganti lagi dengan Meditran S.  Dengan pengalaman di Yamaha Crypton ini, tekad untuk mencoba pada Ghia menjadi lebih bulat.   Untuk pertama kali,   saya membeli oli Meditran SX 1 galon.   Sengaja ganti oli sendiri di rumah, karena takut dicela sama montir bengkel.   Segalon harganya Rp. 135.000,-.   Lebih mahal dibanding Prima XP 20W-50. SAE-nya 15W-40.   Sampai rumah, oli langsung saya aplikasikan ke Ghia. Sebelumnya saya pakai Shell HX5 yang segalon Rp. 180.000,-.   Melihat SAE-nya yang 15W-40, sempat ada kekhawatiran bahwa suara mesin akan menjadi kasar.